Senin, 01 April 2013

Creative Assembly Umumin MOBA Total War

Di tengah-tengah persiapan menuju peluncuran Total War: Rome 2, ternyata Creative Assembly masih sempet nyiapin satu kejutan lagi. Tapi bedanya, kali ini wilayah yang bakalan mereka jelajahi adalah game online. Yak, mari kita kenalan sama Total War: Arena, sebuah game online baru model MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dan bisa dikatakan sebagai versi spin-off dari franchise Total War itu sendiri.
Nah, seperti yang dah redaksi bilang di atas, Total War: Arena emang adalah game online yang bakalan gabungin unsur RTS dengan MOBA. Untuk sekarang, game ini lagi dikembangin oleh Creative Assembly di Eropa dan diperkirakan bakalan meluncur untuk PC. 
Lalu apa lagi yang kita ketahui tentang Arena? Sayangnya, udah gak ada lagi. Paling gak untuk sekarang ini yah. Oh. Mungkin satu lagi yang perlu Klikers ketahui juga. Alasan kenapa Creative Assembly mutusin untuk nyoba masuk ke dunia online. Penyebabnya adalah karena usaha mereka sebelumnya untuk nyobain fitur touch-screen di iOS dan Android dengan Total War: Battles yang buntutnya emang cukup manis alias sukses besar. Dari situ, akhirnya Creative Assembly pun mutusin masuk ke dunia MOBA.
Trus, kok gak dijelasin permainannya kayak apa? Well, inti permainannya masih tetep mirip kayak MOBA pada umumnya kok. Kalian milih salah satu karakter yang kalian suka, lalu bertempur di sebuah map untuk hancurin markas lawan. Tapi bedanya dengan MOBA yang dah kita kenal kayak DOTA ataupun LOL (League of Legends), disini Kalian bakalan ngendaliin orang-orang hebat di masa lalu. Entah itu jenderal perang atau apapun itu. Yang penting, emang terkenal deh. Lumayan menarik kan? =P

APB Coba Peruntungan (Lagi) Dengan Vendetta

Kalian masih inget sama APB: All Points Bulletin? Seharusnya masih inget, karena pas pertama kali dikenalin oleh sang developer, Realtime Worlds, mereka selalu bilang kalo APB bakalan jadi game MMO-TPS (MMO Third Person Shooter) yang luar biasa. Sayangnya, dugaan mereka salah. Salah total dan salah besar. Gak butuh waktu lama sampe akhirnya APB masuk liang lahat. Setelah beberapa waktu berselang, muncul developer laen yang punya ambisi untuk bangkitin APB dengan nama barunya, APB Reloaded. Konsep bisnis pun dirubah, dari yang semulanya langganan perbulan, menjadi F2P alias free-to-play. Tapi sekali lagi, usaha developer baru (Reloaded Productions) juga gagal dan hasilnya mengecewakan.
Nah, itulah sekilas tentang masa lalu APB yang kelam dan cenderung menyedihkan. Eits, Reloaded Productions masih belon bisa bisa terima kenyataan kalo APB Reloaded gagal total ( walaupun gak separah yang pertama). Ambisi baru mulai muncul dan mereka bakalan bawa ni game ke arah yang baru. Dari model semula yang TPS, kali ini akan dirubah menjadi FPS dengan judul barunya, APB Vendetta. Platform yang diincer juga gak maen-maen. PC dan PS4! Wow!
Tapi ada satu kendala nih. Reloaded Productions masih belon dapet dana untuk bikin game ini dan mereka kini sedang minta bantuan dari Kickstarter untuk ngedukung game ini. Mereka berharap bisa ngumpulin dana sebesar US$300,000 untuk ngembangin game ini (ketika artikel ini dibuat, dana yang udah terkumpul adalah US$12,303 dengan menyisakan 32 hari lagi). Berikut ini adalah kutipan penjelasan dari Reloaded Productions, tentang APB baru ini.
"APB Vendetta merupakan sebuah game shooter kompetitif dengan tingkat mobilitas super tinggi, yang terinspirasi langsung oleh dunia APB Reloaded, yang dikembangin di sebuah sistem permainan baru yang lebih tangkas dan punya mekanisme pergerakan yang lebih ekstrim, melee combat, dual-wield weapon, serangan penghabisan dari masing-masing karakter, dengan etos sebuah game fighting, server pribadi yang bisa dikustomisasi, peralatan untuk modding dan juga engine game yang paling baru, yakni Unreal 3 versi paling baru."
"APB Vendetta merupakan sebuah game shooter kompetitif dengan tingkat mobilitas super tinggi, yang terinspirasi langsung oleh dunia APB Reloaded, yang dikembangin di sebuah sistem permainan baru yang lebih tangkas dan punya mekanisme pergerakan yang lebih ekstrim, melee combat, dual-wield weapon, serangan penghabisan dari masing-masing karakter, dengan etos sebuah game fighting, server pribadi yang bisa dikustomisasi, peralatan untuk modding dan juga engine game yang paling baru, yakni Unreal 3 versi paling baru."
Mungkin ini terlalu cepet untuk mikir positif tentang game ini, apalagi setelah dua game pendahulunya gatot alias gagal total. Tapi dengan perubahan yang drastis kayak gini, bukan gak mungkin kalo akhirnya APB bisa ngerasain yang namanya sukses dengan Vendetta ini. Gimana menurut Kalian? Perubahannya menarik banget kan? XD

Pengen Tantangan? Space Hulk Jawabannya!

Pengen nyari tantangan baru? Kalo emang gitu, mendingan Klikers tungguin game baru dari Full Control, Space Hulk. Soalnya kalo menurut sang CEO (Thomas Hentschel Lund) dalam demo-nya di acara Game Developers Conference beberapa waktu lalu, game yang genre-nya turn-based ini bakalan mampu narik perhatian para fans berat Warhammer 40k.
"Ini adalah game yang sangat menantang," jelas Lund. "Kami ingin mastiin itu. Kami ingin mencapai nuansa hardcore klasik yang bisa kita dapetin pas nyelesaiin gamenya. Menurut pendapat saya, kebanyakan game-game yang ada di luar sana sekarang ini mirip seperti kayak rel kereta api. Nah, ini merupakan salah satu dari game-game menantang yang pasti bakalan bikin kalian penasaran untuk nyobain dan terus nyobain, sampe kamu berhasil namatin gamenya."

"Itulah bagian yang menyenangkan ketika memainkannya. Kamu harus berusaha untuk nyari tau taktik apa yang bisa dipake. Kamu juga harus sedikit beruntung dan pastinya harus punya rencana yang kuat. Tapi berhubung AI-nya juga tau apa yang harus kamu lakukan, mereka bakalan berusaha untuk bikin kacau rencana kamu dan kamu harus menanggapinya. Peraturan intinya cukup sederhana, tapi ada banyak banget opsi taktis disini."
So, kapan Kalian bisa ngerasain gamenya? Hmm… Perkiraan Full Motion untuk sementara ini adalah tahun 2013, dengan platform PC dan Mac (via Steam) serta versi tablet (dalam hal ini, iOS). Ada juga kemungkinan game ini bakalan masuk ke Linux dan udah dipastiin juga kalo bakalan ada fitur cross-platform multiplayer. Yoih, Klikers bisa maen dari tablet, ngelawan mereka yang maen di PC. Asik kan? XD

Anyway, di game ini Klikers bakalan nemuin 12 misi yang dibuat berdasarkan pada salah satu skenario permainan papan edisi ketiga yang namanya The Sin of Damnation. Skenario yang satu ini berkisah tentang perjuangan Space Marine ngelawan serbuan Genestealer. Full Control juga bakalan nambahin cerita baru dalam bentuk DLC setelah gamenya diluncurin. Lalu fitur yang bisa Klikers dapetin dari ni game adalah co-op level yang sangat unik, dimana dua orang yang ngendaliin kelompok Terminator, bisa bergabung dan bertarung melawan Genestealers.

RIFT Korea Tutup, Gimana Nasib RIFT China?

Di kala Shanda Games lagi getol-getolnya masarin RIFT China ke negara Tirai Bambu itu (sampe make tiga orang jubir dengan bayaran yang gak kira-kira), justru RIFT Korea malah lagi siap-siap untuk gulung tikar alias tutup. Salah satu penyebabnya diyakini adalah gara-gara keputusan CJ E&M yang pengen make lagi model langganan per bulan di Korea Selatan dan hal ini bikin banyak gamer di luar sana yang langsung 'ngambek'.
Diluncurin oleh CJ E&M di bawah naungan portal Netmarble, RIFT Korea akan secara resmi ditutup pada tanggal 25 April 2013 mendatang, dengan proses pengembalian uang untuk para pelanggan mulai tanggal 17 April 2013 ke atas. Sedangkan untuk toko in-game bakalan resmi disudahi pada tanggal 28 Maret 2013.
Sebenernya masa depan RIFT terhitung cukup cerah. Waktu pertama kali dikenalin di Korea, RIFT dapet tanggapan yang super positif dari kalangan gamer dan kritikus. Tapi sayangnya, ketenaran ni game gak bertahan lama gara-gara nongol game-game laen yang gak kalah terkenalnya kayak Blade & Soul dan Diablo III. Nah, popularitas dua game tersebut bener-bener gila dan bikin CJ E&M harus mikir ulang strategi untuk bisa menangin persaingan. Sejumlah kampanye dan acara diadakan untuk bikin RIFT lebih terkenal lagi. Tapi usaha tersebut hasilnya NOL besar.
Nah, yang menarik untuk ditunggu adalah, gimana kiprah RIFT versi Cina yang bakalan diluncurin oleh Shanda Games? Di atas, redaksi dah kasih tau kan kalo Shanda udah abisin banyak banget duit hanya untuk masarin ni game? Sampe-sampe, mereka make jasa pemain basket profesional, Dwayne Wade dan juga seorang artis asal Cina yang namanya dah gak asing lagi, Maggie Q, untuk dijadiin juru bicara-nya. Oh ya, satu lagi jubir yang juga gak kalah terkenalnya adalah bekas alumni American Idol, Adam Lambert. So, bisa bayangin sendiri kan berapa banyak duit yang dikucurin cuma untuk tiga orang ini doank?
Rencananya, bentar lagi RIFT China bakalan masuk tahap OBT dan emang banyak banget gamer yang antusias nungguin. Tapi bukan gak mungkin kejadian kayak RIFT Korea bisa terulang lagi. Apalagi, Shanda baru aja perbaruin lisensi game P2P lain yang gak kalah menariknya, AION China. Kalo menurut Klikers, RIFT China bisa bertahan gak?

Rabu, 20 Maret 2013

Tinggalkan Xbox360, Fez Rambah Multi-platform

Rasanya emang bete banget pas tau kalo salah satu game bagus yang udah dikembangin, ternyata cuma diluncurkan di platform tertentu aja alias eksklusif. Kalo kebetulan kita punya platform yang dimaksud, kita pasti bakalan seneng banget. Tapi kalo gak masuk, mau ngomong apa kita? Mau ngamuk-ngamuk? Atau mau beli satu mesin cuma demi maenin satu game itu doank? Rasanya kurang worth it banget kan?
Mungkin itu juga yang dirasain oleh sejumlah besar gamer yang udah lama banget pengen maen Fez, sebuah game indie platformer buatan Polytron Corporation. Soalnya waktu pertama kali diluncurin, Fez cuma hadir di Xbox360 (tepatnya 13 April 2012). Nah, selama berbulan-bulan, gamer yang demen ma ni game tapi gak punya Xbox360, cuma bisa ngiler doank ngeliatin orang maen. Mungkin paling hoki, boleh minjem maen di rumah temen yang punya.

Tapi tenang! TENANG! Soalnya, eksklusivitas game tersebut di Microsoft udah mau berakhir dan Fez bakalan nongol di PC via Steam, tepatnya pada tanggal 1 Mei 2013 besok. Terus, apaan tambahan barunya? Biasanya kalo ada game yang masuk ke platform laen, bakalan ada tambahan fitur kan? Apa? Apa aja fitur tambahannya???
Errrr… Seandainya kalian emang mikir seperti itu, baiknya sih jangan berharap banyak yak… Soalnya si pembuat, Phil Fish, udah pastiin kalo versi PC ini gak bakalan jauh berbeda dengan versi Xbox360. Mungkin satu-satunya kabar baik adalah bahwa selain PCplatformMac dan Linux juga bakalan kebagian jatahnya melalui jasa Steam. Tapi beda dengan PC, versi Mac dan Linux masih belum ketahuan kapan bakalan diluncurin.

Tapi rasa-rasanya kalo cuma ngincer tiga platform doank, kurang prospek yak? Tentu ajaFish dah mikirin kemungkinan untuk bawa Fez masuk ke iOSOuya dan bahkan PSN. Biarpun belum pasti bakalan dijalanin, tapi minimal Fish udah pertimbangin. ASIKKK!!! Berarti versi3DS juga bakalan nongol? Ini juga agak ngecewain, karena ternyata Fish belum punya rencana untuk godok versi 3DS.
"Kami belum punya rencana untuk itu, tidak. Orang-orang selalu berpikir kalau Fez akan jadi game yang gampang dikembangin untuk 3DS, tapi sejujurnya, itu sama sekali gak ada artinya. Gamenya ini selalu diperlihatkan dalam grafis isometris 3D, sama sekali gak ada sudut pandang apapun disana. Saya rasa game ini gak bakalan bisa jalan di 3DS." Okay… Kabar baik untuk semua gamer! Kecuali buat yang punya Nintendo 3DS… =="

Kamis, 07 Maret 2013

Detil Assassin's Creed IV Muncul, PETA Protes

Detil mengenai Assassin's Creed IV: Black Flag telah dikonfirmasikan langsung oleh Ubisoft. Di game ini, Klikers bakalan nemuin gimana rasanya jadi seorang perompak. Kalian bisa merasakan itu semua dengan fitur-fitur seperti pertempuran antar kapal, merekrut anggota dan juga whaling alias berburu paus. Pokoknya semua yang biasa dilakukan oleh para perompak ketika sedang berada di laut lepas.
Tapi ada satu pihak yang merasa tak senang dengan keputusan Ubisoft. Namanya adalah PETA (People for the Ethical Treatment of Animals), sebuah organisasi pecinta hewan yang terkenal dengan aksi mereka yang menentang kekerasan terhadap hewan. Lah? Kok PETA malah nyerang Ubisoft? Perhatikan beberapa fitur di Assassin's Creed IV: Black Flag. Ada yang namanya Whaling alias berburu paus kan? Itu dia yang jadi masalahnya.

Menurut PETA, keputusan Ubisoft untuk mengikutsertakan fitur dimana gamer bisa berburu paus, akan mendorong orang-orang untuk berburu paus di dunia nyata. Organisasi ini menyatakan bahwa masalah utamanya datang dari penderitaan di dunia nyata, konsekuensi yang gak mungkin dirasakan oleh gamer biasa ketika mempraktekannya dan yang mereka rasakan hanyalah serunya berburu paus.
"Ceritanya akan berbeda kalau game ini menggambarkan kekejaman dan keseraman yang dirasakan ketika seekor paus sedang berusaha menyelamatkan diri, kemudian ditembak dengan sebuah atau beberapa harpun sekaligus dan dipaksa untuk berkutat selama beberapa jam atau langsung disayat-sayat ketika masih hidup," jelas Matt Bruce dari International Grassroots Campaign, PETA.

Menanggapi hal ini, Ubisoft langsung membela keputusan yang mereka ambil dengan mengatakan bahwa semua itu punya andil dalam akurasi historis gamenya sendiri. "Sejarah merupakan ruang bermain kami di Assassin's Creed," jelas senior PR manager Ubisoft, Stone Chin. "Assassin's Creed 4: Black Flag merupakan sebuah hasil kerja fiktif yang menggambarkan kejadian sesungguhnya selama masa kejayaan bajak laut. Kami juga tidak menyukai perburuan paus ilegal, sama halnya kami membenci kehidupan bajak laut yang jorok, suka membajak, menyerang kapal lain dan suka mabuk-mabukkan."
Kalo boleh kasih pendapat sedikit, sebenarnya menurut redaksi, yang dilakukan PETA agak kurang masuk akal. Biarpun emang bener, perburuan paus itu dilarang, tapi bukan berarti dengan hadirnya fitur whaling di Black Flag, itu berarti Ubisoft mendorong gamer untuk pergi berburu paus kan? Perlu diingat, ini hanyalah sebuah permainan. Selama gak ada korban paus sesungguhnya, seharusnya ini bukan jadi masalah. Belum lagi, kayaknya redaksi agak kesulitan ngebayangin ada yang mau langsung pergi berburu paus cuma karena abis maen Assassin's Creed IV: Black Flag…

Minggu, 03 Maret 2013

Fitur-Fitur Baru di The Witcher 3

Wow. Kayaknya The Witcher 3 emang berubah drastis... Yuk intip bentar perubahannya! Telah dipastikan gak bakalan ada yang namanya QTE alias Quick Time Events di The Witcher 3. Dalam sekuel ketiga ini, sang jagoan (Geralt) akan jauh lebih lincah dan sekarang udah bisa lompat dan manjat. Kemudian ada juga mekanisme permainan baru, dimana kamu bisa mengincar titik lemah monster. Untuk mengeluarkan gerakan tersebut, kamu akan membutuhkan Action Points dan menyerang musuh dengan gerakan slow-mo.
Kemampuan baru Geralt yang lain adalah bisa berburu hewan untuk ngedapetin bulu dan cakar-nya. Ditambah dengan kemampuan untuk melacak jejak (yang ditandai dengan warna) monster atau hewan buas tertentu. Nantinya ini bakalan jadi keunggulan tersendiri bagi Geralt, karena ia tau apa yang harus dilakuin untuk hadepin si monster. Nah, semua hasil dari berburu bisa kamu gunakan untuk crafting dan hasil crafting itu sendiri bisa digunakan untuk jualan dan dapet duit. Malahan, ini adalah salah satu cara paling afdol untuk ngedapetin duit di The Witcher 3. Yang lebih menarik lagi nih, ternyata nilai hasil buruan ataupun crafting akan berbeda, tergantung pada kondisi ekonomi tempat kamu menjualnya.

Dunia tempat Geralt berpetualang, sekarang juga udah jauh lebih gede dan itu berarti Geralt harus make sarana transportasi tertentu. Gak bisa bayangin gimana rasanya berjalan kaki dari satu kota ke kota laen yang jauh banget. So, disinilah fungsi kuda dan kapal. Untuk ngedapetin kuda, ada dua cara. Pertama adalah cara yang sedikit lebih menantang, yakni menjinakkannya sendiri. Cara kedua lebih gampang, yaitu membelinya langsung. Kalau kapal, kalian bisa minjem dari pelabuhan dan pantai yang ada di seluruh dunia The Witcher 3. Bahkan ada kemungkinan kalian bisa beli kapal loh. Ngerasa bakalan bosen karena harus jalan jauh? Tenang. Ada opsi untuk 'teleport', tapi terbatas hanya untuk tempat-tempat yang dah pernah kamu kunjungi.
Tambahan lain yang perlu diingat adalah bahwa CD Projekt Red (sang developer) telah memastikan takkan ada yang namanya pembatas tak terlihat yang biasa digunakan untuk menghalangi akses ke kota yang masih belum bisa Klikers kunjungin. Di sini, semua area The Witcher 3 udah bisa kalian akses sejak awal. Ini merupakan hasil pembelajaran mereka selama ini dari sebuah dunia game yang sifatnya open-world. Mungkin nantinya juga bakalan ada beberapa tambahan yang menarik, tapi sementara ini masih belum diketahui pasti.
Beralih bentar ke jalan ceritanya. The Witcher 3 disebut-sebut memiliki jalan cerita yang membutuhkan waktu sekitar 50 jam untuk menamatkannya. Seandainya Klikers rajin banget dan pengen nyelesaiin semua side-quest yang ada... well, kalian bakalan abisin waktu sekitar 100 jam. Kota yang bisa dijelajahin, diperkirakan ada 36 tempat, ditambah dengan tiga epilog untuk menyelesaikan petualangan kalian. Masing-masing epilog membutuhkan waktu sekitar sejam untuk nyelesaiinnya. Berarti totalnya adalah sekitar 103 jam... Wow!
Oh ya, satu hal yang gak kalah penting nih. Buat Klikers yang dah punya data permainan dari The Witcher sebelumnya, kalian bisa mindahin datanya ke Witcher 3 loh. Ini akan secara otomatis merubah hubungan antar karakter, tapi gak ada efeknya ke jalan cerita. Nah, sebelum lupa juga (dan kali ini benar-benar terakhir), level maksimal yang bisa dicapai Geralt adalah level 60 dan proses perkembangan karakter akan jauh lebih rumit, dengan total ratusan kustomisasi yang bisa kalian coba. Musuhnya juga bukan tipe musuh yang akan ikutan naek level bareng Geralt. Dengan kata lain, monster yang emang dasarnya level 5, akan tetap level 5. Geralt level 10, mau coba pantengin monster level 40, silahkan siapin peti mati. Jadi jangan nekad yak! XD